Kiat Tadarus al-Quran, Khatam Selama Bulan Ramadhan

Ang Rifkiyal
Kiat Tadarus al-Quran, Khatam Selama Bulan Ramadhan

Jika ingin khatam tadarus al-Qur'an 30 juz selama bulan Ramadhan, maka jangan pernah membuat target baca al-Qur'an sebanyak satu juz dalam sehari. Tapi buatlah target baca Al-Qur'an sebanyak dua juz dalam sehari.

Dengan menarget dua juz, kita bisa lebih dekat dengan khataman kita.

Dua juz sehari artinya, kita bisa mencapai khatam dalam waktu 15 hari. Jika pun terkendala sakit, kesibukan, dan hambatan-hambatan lainnya yang tidak terduga, paling molornya khatam dalam waktu 20 hari.

Sedangkan jika menarget sehari satu juz, kita akan kerepotan jika di kemudian hari kita bolos tadarus karena ada halangan mendadak. Apalagi bolosnya beberapa hari. Kita akan kesulitan menyesuaikan ritme untuk mengejar juz yang tertinggal karena kita hanya terbiasa membaca sehari satu juz.

Yang akhirnya ketika moodnya tidak dapat untuk mengejat juz yang tertinggal, kita gagal mencapai target khataman tadarus al-Qur'an sebanyak 30 juz dalam sebulan.

Bagaimana tips membaca 2 juz dalam satu hari?

Setiap orang tentu punya situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Namun hal tersebut jangan dipersoalkan, karena pada akhirnya untuk mengkhatamkan tadarus al-Qur'an kembali pada diri sendiri.

Berikut tips membaca al-Quran 2 juz dalam satu hari:

1. Usahakan kita meluangkan 2 waktu dalam sehari. Masing-masing waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit sampai 60 menit, tergantung kecepatan membaca.

2. Pastikan kita menyelesaikan 1 juz dalam satu waktunya. Jangan pernah mencicil waktu untuk menghatamkan 1 juz. Sehingga waktunya jadi tercecer. Pokoknya 1 juz harus selesai dalam sekali waktu.

3. Gunakan al-Quran yang ternyaman untuk kita baca. Kalau bisa al-Quran yang dibaca adalah al-Quran yang sama, biar akrab.

4. Konsisten.

Demikian. Jika konsisten, kita bisa selesai tadarus dalam waktu 15 hari.